KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke
hadirat Allah SWT atas limpahan berkah, rahmat, dan hidayahNya sehingga saya
dapat menyelesaikan tugas yang diberikan untuk mengetahui syarat – syarat
kecekapan umum (SKU).
Semoga dengan adanya tugas ini
mampu memberikan jembatan ilmu, walaupun hanya secuil semoga dapat berguna
bagi siapa saja . saya sebagai penulis
berharap agar sedikit ilmu yang ada pada tugas ini dapat diaplikasikan membantu
memperluas pengetahuan tetang berbagai teori , konsep dan proses mekanisme
tentang syarat – syarat kecekapan umum tingkat penegak untuk mencapai tingkat
bantara, serta membantu kita meningkatakan pengetahuan dan menghapuskan ‘’
keterbelakangan’’ atau ‘’ kebutaan’’ perkembangan teknik keperamukaan.
Segala usaha telah saya lakukan
untuk menyelesaikan tugas ini, Namun dalam usaha yang maksimal itu saya
menyadari tentu masih terdapat kekurangan. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT saya
hanya dapat melakukan semaksimal mungkin , untuk itu saya mengharapkan sebuah
krtitik dan saran dari semua pihak demi penyempurnaan tugas ini.
Makassar, 8 November 2011
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………….
1
DAFTAR ISI
……………………………………………………………………………………….. 2
PENDAHULUAN ..……………………………………………………………………………… 3
MATERI SKU UNTUK PRAMUKA
GOLONGAN PENEGAK TINGKAT BANTARA…………………………………………………………………………………….…….
4
LAMPIRAN ……………. ..……………………………………………………………………….
29
PENUTUP……………...………………………………………………………………………….
31
DAFTAR PUSTAKA.…………………………………………………………………………..
32
CATATAN .………………………………………………………………………………………..
33
PENDAHULUAN
1.
Penegak Bantara adalah tingkatan
Syarat-syarat Kecakapan Umum
pertama
dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana
2.
Sedangkan Bantara adalah
singkatan dari bantuan tenaga rakyat, yang berarti pengawal,ajudan,atau kader.
3.
Arti kiasan yang ada di BANTARA :
A.
Warna kuning , Melambangkan
kematangan
B.
Warna hijau , Melambangkan Kesuburan
C.
Cikal bertolak belakang ,
Melambangkan satuan terpisah dari Pramuka
D.
putera dan puteri.
E.
Bintang , melambangkan 10 Dasa
Dharma
F.
Ukuran BANTARA :
a)
Bawah , 5 cm
b)
Atas , 4 cm
c)
Samping Kiri-Kanan , 7.5 cm
MATERI SKU UNTUK PRAMUKA GOLONGAN PENEGAK
TINGKAT BANTARA
1. Rajin dan aktif mengikuti
pertemuan-pertemuan Ambalan Penegak.
a)
Raimuna
Raimuna adalah pertemuan Pramuka
Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh
kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna
Daerah, Raimuna Nasional. Kata Raimuna berasal dari bahasa suku Asli di wilayah
Yapen Waropen-papua, yang berasal dari kata Rai dan
Muna yang artinya pertemuan ketua suku dalam suatu forum yang
menghasilkan suatu tujuan suci untuk kepentingan bersama
b) Perkemahan
Perkemahan,
adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan
secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan dalam satu
periode, seperti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat Sabtu
Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, dan sejenisnya
c) Latihan Pengembangan Kepemimpinan
Latihan
Pengembangan Kepemimpinan, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda agar
dapat ikut serta dalam mengelola kwartir dan diharapkan di kemudian hari mampu
menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuk
d) Sidang Paripurna
Sidang
Paripurna, adalah
pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang tergabung dalam Dewan Kerja
Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja/kegiatan
Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam satu tahun dan akan dijadikan bahan
dalam Rapat Kerja
2.
Telah mempelajari
dan menyetujui Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
Materi anggaran dasar
dan rumah tangga gerakan pramuka dapat di pelajari di buku anggaran
dasar dan anggaran rumah
tangga yang di miliki oleh pembina atau
pihak lain.
3. Mengerti dan bersungguh-sungguh mengamalkan Dasa
Darma dan Tri Satya dalam kehidupannya sehari-hari.
a).
Tri Satya
Demi Kehormatanku Aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara kesatuan
Demi Kehormatanku Aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara kesatuan
Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila.
2. Menolong sesama
hidup dan mempersiapkan diri membangun
masyarakat.
3.MenepatiDasaDarma.
Pengertannya :
a. Tri Satya merupakan janji seorang Pramuka yang harus ditepat (tiga
3.MenepatiDasaDarma.
Pengertannya :
a. Tri Satya merupakan janji seorang Pramuka yang harus ditepat (tiga
janji).
b. Pramuka berjanji dengan Tri Satya, dengan sepenuh
b. Pramuka berjanji dengan Tri Satya, dengan sepenuh
kehormatannya dan ia Selalu berusaha memenuhi janjinya itu demi
kehormatannya mata.
c. Kewajiban kepada Tuhan, jelas ia harus memeluk suatu agama yang
c. Kewajiban kepada Tuhan, jelas ia harus memeluk suatu agama yang
dinyakini. Segala ajarannya dilakukan dan segala
larangannya
dihindarkannya.
d. Kewajiban kepada negara, seorang Pramuka akan selalu berusaha
d. Kewajiban kepada negara, seorang Pramuka akan selalu berusaha
menjunjung tinggi
kehormatan dan kewibawaan negaranya
(Indonesia) dengan
jalan tunduk kepada undang-undang yang
berlaku,
menghormati benderanya, melaksanakan dasar negaranya
menghayati lambang negaranya, mengakui
pemerintahannya, dan
menghayati lagu kebangsaannya.
e. Mengamalkan Pancasila, dengan jalan melaksanakan dan
e. Mengamalkan Pancasila, dengan jalan melaksanakan dan
menjalankan tuntunan tingkah laku dalam ajaran Pancasila.
f. Menolong sesama hidup dan ikut srta membangun masyarakat,
kita
saling menolong atara makluk hidup tampa
menfgharamkan
sedikitpun pamrih(imbalan). Dan ikut sertah membagun
mayarakan, kita
pramuka penegak ikut sertam membagun
masyarakat masa sekaran maupun masa depan seperti, ikut
kerja
bakti, membantu
masyarakat yang lagi kesusahan, dsb.
g. menepati dasar dharma., kita harus
menepati/menjaankan isi dari
dasar dhama
atau 10 dasar pramuka
b). Dasa Darma :
Pramuka Itu :
1 Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2 Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia
3 Patriot yang sopan dan ksatria
4 Patuh dan suka bermusyawarah
5 Rela menolong dan tabah
6 Rajin, terampil dan gembira
7 Hemat, cermat dan bersahaja
8 Disiplin, berani dan setia
9 Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10 Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
Pramuka Itu :
1 Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2 Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia
3 Patriot yang sopan dan ksatria
4 Patuh dan suka bermusyawarah
5 Rela menolong dan tabah
6 Rajin, terampil dan gembira
7 Hemat, cermat dan bersahaja
8 Disiplin, berani dan setia
9 Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10 Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
a.
Dasar dharma berarti 10 janji
pramuka itu .
Dasa Darma adalah ketentuan moral Pramuka
atau watak Pramuka. Dasa Darma Pramuka itu berarti sepuluh tuntunan tingkah
laku bagi Pramuka Indonesia yang berisi penjabaran Pancasila, agar para Pramuka
dapat mengerti, menghayati, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
I.
Takwa kepada
tuhan yang maha esa
a. Takwa artinya adalah menjahui laranganNYA dan
melaksanakan perintahNYA
b.
Contoh : a) Melaksanakan ibadah menurut agamanya.
b) Memperingati hari-hari besar agama.
c) Menghormati orang yang beragama lain.
d) Mengikuti ceramah-ceramah keagamaan.
e) Menghormati orang tua.
b) Memperingati hari-hari besar agama.
c) Menghormati orang yang beragama lain.
d) Mengikuti ceramah-ceramah keagamaan.
e) Menghormati orang tua.
II.
Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia
a. Kita anggota
gerakan pramuka senantiasa mencintai dan menyanyagi sesama mahkluk hidup baik
itu pada tumbuhan, hewan maupun sesama manusia.
b.
Contoh : a) Mencintai segala macam
tumbuh-tumbuhan dan
hewan.
b) Tidak
mementingkan diri sendiri.
c) Menghargai orang lain.
III.
Patriot yang sopan dan ksatria
a. Artinya kita
anggota gerakan pramuka harus memiliki jiwa yang patriot yang sopan dan berjiwa
kesatria.
b. Patriot :
orang yang berani membelah yang benar dan
c. Ksatria :
orang yang berjiwa ksatria untuk membelah Negara kesatua republik Indonesia
d. Contoh : a) Menjadi putra tanah air yang siap berbakti dan
Siaga membela ibu pertiwi.
b) Menghormati dan memahami lambang negara,
b) Menghormati dan memahami lambang negara,
Bendera
Sang Merah Putih dan lagu kebangsaan
Indonesia Raya.
c) Memahami nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
c) Memahami nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
(kekeluargaan, gotong royong,).
d) Mengenal adat istiadat suku-suku bangsa di
d) Mengenal adat istiadat suku-suku bangsa di
Indonesia.
e) Selalu membela yang lemah dan yang benar.
f) Membiasakan diri mengakui kesalahan dan
e) Selalu membela yang lemah dan yang benar.
f) Membiasakan diri mengakui kesalahan dan
membenarkan yang benar.
h) Hormat kepada orang tua, guru dan pemimpin.
h) Hormat kepada orang tua, guru dan pemimpin.
IV.
Patuh dan suka bermusyawarah
a. Kita anggota
gerakan pramuka senantiasa patuh terhadap peraturan-peraturan yang ada di
sekitar kita, dan suka bermusyawarah sebelum mengambil keputuasan.
b. Contoh : a) Menepati janji.
b) Mematuhi peraturan.
c) Menghargai pendapat orang lain.
d) Merumuskan kesepakatan dengan memperhatikan
b) Mematuhi peraturan.
c) Menghargai pendapat orang lain.
d) Merumuskan kesepakatan dengan memperhatikan
kepentingan
orang banyak.
e) Membiasakan bermusyawarah sebelum melakukan
e) Membiasakan bermusyawarah sebelum melakukan
kegiatan.
V.
Rela menolong dan tabah
a. Kita anggota
gerakan pramuka senantiasa suka menolong orang yang lagi kesusahan atau orang
yang butuh bantuan kita.
Dengan secara iklas dan tidak mengharapkan pamri(imbalan) Dan
selau tabah terhadap cobaan yang di hadapinya.
b. Contoh : a) Cepat menolong kecelakaan tanpa diminta.
b) Membiasakan diri mengatasi masalah-masalah.
c) Pantang mundur menghadapi kesulitan.
b) Membiasakan diri mengatasi masalah-masalah.
c) Pantang mundur menghadapi kesulitan.
VI.
Rajin, terampil dan gembira
a. Kita anggota
gerakan pramuka di ajarakan dan di didik menjadi orang yang rajin. Terampil.
Dan selalu bergembira
b. Contoh : a) Tidak terlalu cepat menegur, mengkritik, dan
menyalahkan.
b) Bergembira dalam setiap usaha.
c) Tidak menunda-nunda pekerjaan sampai besok.
d) Memilih jenis keahlian yang sesuai dengan bakat.
e) Tidak menolak segala tugas yang diberikan
b) Bergembira dalam setiap usaha.
c) Tidak menunda-nunda pekerjaan sampai besok.
d) Memilih jenis keahlian yang sesuai dengan bakat.
e) Tidak menolak segala tugas yang diberikan
padanya.
VII.
Hemat, cermat dan bersahaja
a. kita anggota gerakan pramuka di didik untuk menjadi orang
a. kita anggota gerakan pramuka di didik untuk menjadi orang
yang hemat, tidak sifatr boros,
dan cermatn memilih
keperluan diri kita atau orang lain dan juga bersahaja yang
di mana mensyukuri apa yang
telah di
berikan
kapada diri kita :.
b..
Contoh : a) Menggunakan waktu dengan
tepat.
b) Tidak ceroboh.
c) Berpakaian sederhana tidak berlebih lebihan.
d) Menghemat listrik, air, uang sehingga tidak
b) Tidak ceroboh.
c) Berpakaian sederhana tidak berlebih lebihan.
d) Menghemat listrik, air, uang sehingga tidak
terbuang
percuma.
e) Membiasakan untuk menabung.
e) Membiasakan untuk menabung.
VIII.
Disiplin, berani dan setia
a. kita aggota gerakan pramuka ajarkan disiplin baik pada
a. kita aggota gerakan pramuka ajarkan disiplin baik pada
pratuan maupun juga pada apa yang
kita kerjakan , dan berani
mengambil keputusan selama itu
benar dan setia terhadap apa
yang kita ucapkan atau janjkan,
b. Contoh : a) Mentaati peraturan.
b) Menjalani ajaran dan ibadah agama.
c) Patuh dengan pertimbangan dan kenyakinan.
b) Menjalani ajaran dan ibadah agama.
c) Patuh dengan pertimbangan dan kenyakinan.
IX.
Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
a. kita anggota geraka pramuka di ajarkan untuk bertanggung
a. kita anggota geraka pramuka di ajarkan untuk bertanggung
jawab segalayang orang lain percayakan kita dan
dapat di
percaya atua tidak suka bohong
b. Contoh : a) Segala yang diperintahkan, dilakukan dengan tanggung
jawab penuh.
b) Berani bertanggung jawab atas sesuatu tindakan yang
b) Berani bertanggung jawab atas sesuatu tindakan yang
diambil.
c) Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain terutama yang
c) Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain terutama yang
menyangkut uang, materi, dan
lain-lain.
d) Apa yang dikatakan bukan suatu karangan yang dibuat-
d) Apa yang dikatakan bukan suatu karangan yang dibuat-
buat.
X.
Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
a. Kita anggota
gerakan pramuka di ajarkan memiliki sifat yang suci baik itu dalam pikiran, dan
perkataan maupun perbuatan
b. Contoh : a) selalu melihat dan memikirkan sesuatu pada
segi
baiknya
atau hikmahnya dan
b) tidak terlintas sama sekali pemikiran ke arah tidak
baik.
c) Setiap apa yang telah dikatakan itu benar,
jujur serta dapat dipercaya dengan tidak
menyinggung perasaan orang lain.
4.
Dapat memberi salam
Pramuka dan tahu maksud dan penggunannya.
Salam pramuka digolongkan menjadi
3 macam:
a) Salam biasa
Yaitu salam yang diberikan kepada
sesama anggota Pramuka. Siapa yang melihat dulu dialah yang harus memberi salam
terlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak pandang pangkat, tua maupun muda. Salam
tersebut dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun kendaraan.
Jadi tidak harus berdiri.
b) Salam hormat
Yaitu salam yang diberikan kepada
seseorang atau sesuatu yang kedudukannya lebih tinggi. Untuk salam hormat
diberikan kepada :
2.
Jenazah
yang sedang lewat atau akan dimakamkan.
3.
Kepala
Negara atau wakilnya, Panglima tinggi, para duta besar, para menteri dan
pejabat lainnya.
c) Salam janji
Yaitu salam yang dilakukan ketika
ada anggota Pramuka yang sedang dilantik. Pemberian salam pramuka dilakukan
ketika dilakukan pengucapan janji yaitu Tri Satya atau Dwi Satya. Salam janji
juga diberikan pada saat pengucapan janji Trisatya dalam acara Ulang Janji.
5.
Tahu
struktur organisasi dan Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Penegak dan Pandega.
|
|||
6. Tahu tanda-tanda pengenal dalam
Gerakan Pramuka.
7. Tahu arti lambang Gerakan Pramuka
1)
Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal organisasi
Gerakan Pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini diciptakan
oleh Soenardjo Atmodipuro, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang
juga tokoh pramuka.
2)
Lambang ini dipergunakan
pertama kali sejak tanggal 14 Agustus 1961, ketika Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno
menganugrahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan
Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden
Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.
3)
Bentuk
:
Lambang Gerakan Pramuka berbentuk Silluete (bayangan) Tunas Kelapa.
(lihat gambar di samping) Penjabaran tentang Lambang ini ditetapkan dalam
Keputusan Kwarnas No. 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka.
Arti Kiasan
a)
Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan CIKAL dan istilah CIKAL-BAKAL di
Indonesia berarti : "Penduduk asli yang pertama yang meurunkan generasi
baru". Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap
pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
b)
Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga. Jadi
mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah
sehat, kuat, dan ulet, serta menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam
menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa
Indonesia.
c)
Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam
menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. Jadi mengkiaskan bahwa tiap
pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana ia berada dan dalam
keadaan yang bagaimanapun juga.
d)
Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon
tertinggi di Indonesia. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita
yang tinggi dan lurus, yang mulia dan jujur dan ia tetap tegak tidak mudah
diombang-ambingkan oleh sesuatu.
e)
Akar nyiur tumbuh kuat dan erat didalam tanah. Jadi mengkiaskan tekad dan
keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan
yang baik, benar kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya
untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
f)
Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya.
Jadi
g)
mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan
diri dan kegunaannya kepada tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia serta kepada umat manusia.
8.
Tahu
arti Pancasila
Pancasila
adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata
dari Sansekerta:
pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila
merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh
rakyat Indonesia.
A. SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA
- Percaya dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
- Hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
- Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
- Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.
B. SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN
BERADAB
- Mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.
- Saling mencintai sesama manusia.
- Mengembangkan sikap tenggang rasa.
- Tidak semena-mena terhadap orang lain.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
- Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
- Berani membela kebenaran dan keadilan.
- Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia, karena itu dikembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
C. SILA PERSATUAN INDONESIA
- Menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.
- Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
- Cinta Tanah Air dan Bangsa.
- Bangga sebagai Bangsa Indonesia dan ber-Tanah Air Indonesia.
- Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
D. SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN
OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM
PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
- Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
- Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
- Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
- Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.
- Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.
- Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
- Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.
E. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH
RAKYAT INDONESIA
- Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.
- Bersikap adil.
- Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
- Menghormati hak-hak orang lain.
- Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
- Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
- Tidak bersifat boros.
- Tidak bergaya hidup mewah.
- Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
- Suka bekerja keras.
- Menghargai hasil karya orang lain.
- Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
9. Tahu sejarah dan arti kiasan
warna-warna bendera kebangsaan Indonesia, serta dapat mengibarkan dan
menurunkannya dalam upacara.
A. Pada tanggal 28 oktober
1928 berkibarla bendera merah putih
sebagai bendera kebangsaan yaitu pada saat sumpah pemuda kongres ke II
B. Benderah merah putih
sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan
diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu pula. yang di jahit olh ibu
fatmawati
Bendera Negara yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa
Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta
disebut Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka Sang Saka Merah
Putih disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta.
Arti Warna
Bendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti berani, putih
berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan
jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia.
10.
Dapat
dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di muka
orang banyak, dan tahu sikap yang harus dilakukan jika lagu kebangsaan
diperdengarkan atau dinyanyikan pada suatu upacara.
Pencipta
: w,r supratman Tempo
: 4/4
Indonesia tanah airku,
Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.
Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.
Hiduplah tanahku,
Hiduplah neg'riku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya,
Bangunlah jiwanya,
Bangunlah badannya,
Untuk Indonesia Raya
11.
Tahu arti lambang
Negara Republik Indonesia
A. Makna burung garuda
1. Lambang garuada tegas
perkasa dengan ke-2 sayapnya yang terbuka dan kepala menolek ke kanan
2. Prisai berbentuk jantung
mengandung lukisan sils-sila panca sila
3. Pita yang tertulis
“bhineka tungga ika” di cangram oleh cakar – cakar garuda
B. Makna bagian garuda
1
Warna latar hitam
melambangkan kekuatan
2
Bulu masing-masing sayap berjumlah 17
Bulu masing-masing ekor berjumlah 8
Bulu masing-masing paha berjumlah 19
Bulu masing-masing leher berjumlah 45
3
Warna burung garuda berwarna emas melambangkan kejayaan
4
Kepala burung garuda menghadap kanan : melambangkan
pembaruaan dan adat istiadat Indonesia
5
Garis hitam melintang di perisai melambangkan bahwa negara
kesatuan repubik Indonesia (nkri) di lalui oleh garis kwatilistiwa
6
Warna merah putih di prisai melambangkan bendera republik
Indonesia
C. Pengertian gambar
1.
lambang bintang
mengkiaskan bahwa kita menjungjung tinggi ketuhana yang maha esa
2.
rantai berbentuk kotak
dan bundar berarin kotak dalah laki – laki dan bundar adalah prempuan yang di
mana salang berikat satu sama lain yang mengkiaskan bahwa kita sesama manusia berkerja
sama agar lebih muda masalah yang di
hadapi, salim membuhtukan dan melenkapi satu sama lain.
3
Pohon beringin yang lebat dan berwarna hijau menkiaskan bahwa
a. Karena salah satu mata
pencaian Indonesia negara agratis yang melambangkan dengan sawah dan perkebunan
yang kebanayakan berwarna hjau
b. Dipilihnya pohon berigin
yang lebat karena indonesia yang kaya
akan sumber alam
4
Kepala banteng mengkiaskan sebagai pusat pemerintahan yang
artinya bahwa suatu tindakan di mulai dari kepala atau otak dan pikiran.
5
Padi dan kapas karena
padi dan kapas adalah sandang(pakaian)
dan pagan(makanan) negara republik Indonesia
D. Latar belakang burung
garuda
Lambang burung garuda di ciptakan
oleh sultan HAMID II dan di lanjut oleh
ir. Sukarno pada tahun 1913 – 1978 dengan pita yang di cengkram burung garuda
yang bertulisankan ” bhineka tunggal ika” yang artinya berbeda – beda tapi
tetap satu
E. Dasar hukum panca sila
Uud. 1945
Pasal 1 :
Berbunyi bahwa negara Indonesia ialah negara kesatuan yang bberbentuk
republik Indonesia
12.
Biasa berbahasa Indonesia
di waktu mengikuti pertemuan-pertemuan Penegak.
Maksutnya kita sebagai anggota gerakan pramuka menghargai bahasa
Indonesia jadi kita di ajarkan untuk selalu mengunakan bahasa kita yaitu bahasa
indonesia
13.
Tahu arti dan sejarah
Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik
bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu
seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai
hari lahirnya bangsa IndonesiaRumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika
Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan
tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan
oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin
Sumpah Pemuda Pertama
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonenesia
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonenesia
Kongres Pemuda Indonesia
Gagasan
penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar
Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar
dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga
gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.
Rapat pertama,
Sabtu, 27 Oktober 1928, di
Gedung Katholieke
Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein
(sekarang Lapangan Banteng).
Pada rapat penutup, di gedung Indonesische
Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106Para peserta Kongres Pemuda II ini
berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong
Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi,
14.
Tahu
perjuangan bangsa Indonesia dan rencana pembangunan Pemerintah
Pada peringatan 50 tahun hari
kebangitan nasioanal, presiden soekarno menyebutkan ada lima angkatan dalam
kemerdekaan Indonesia yaitu perintis, penegas, pencoba, pendobrak dan pelaksana
a)
Perintis yang di maksud bung
karno adalah pendiri boedi oetomo pada masa merintis kemerdekaan pada tahun
1980.
b)
Setelah merintis kemerdekaan mereka
mencopa untuk memerdekaan Indonesia dengan cara melakukan dekrit pemuda 1. Dan
ke – 2 yang melahirkan sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928.
c)
Setelah itu pemuda Indonesia
mendobrak dari penjajahan yang menghasilkan 17 agustus 1945 atau hari saat
indonesia menyatakan diri sebagai negara yang merdeka
d)
Seiring waktu berjalan gagasan
nasionalisme dan kemerdekaan mengalami periode trial dan error slama itu
Indonesian menegaskan bahwa perbaikan nasib hanya bisa di capai bila Indonesia
merdeka secara penuh
e)
Setelah itu pemerintah
melaksanakan gagasan nasionalisme dan kemerdekaan dan membuat program kerja
selama 5 tahun.
15.
|
16. Dapat berbaris
A.
Aba – aba sempritan
1)
Perhatian : -
2)
Berkumpul :
. . . . . . . . . .
3)
Berhenti : .
4)
Maju jalan : . .
5)
Balik kanan : . . .
6)
Berhitung :
. . . .
7)
Hadap kanan : -.
8)
Hadap kiri : .-
9)
Pemimpin regu maju :
. . . –
10) Istrhat
di tempat
: - . –
11) Lencang
depan atau depan :
. . –
12) Lari
maju :
. - - .
13) Bahaya
:
- . - . - . –. - . -
14) Berkumpul :
. . . . . . . . . .
B.
Aba – aba lisan
Aba – aba lisan adalah aba –
aba yang langsung di ucapkan dan dilaksanakan sesuai perintah atau aba – aba
yang di berikan oleh pemimpin barisan
C.
Aba – aba tangan
Aba – aba yang mengunakan isyarat tangan
D.
Bentuk barisan
Aba – aba yang membentuk
sebuah bentuk barisan (dapat di pelajari di buku saku)
17.
Selalu
berpakaian rapi, memelihara kesehatan badan, dan memelihara kebersihan
lingkungannya.
Bahwa kita anak pramuka dapat
memeberikan contoh kepada teman – teman,
kerabat atau orang lain dengan cara selalu berpakain rapi, dan selalu menjaga
kesehatan badan dengan cara hidup sehat
dan makan secara teratur. Dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
18.
Tahu
pentingnya bahan-bahan makanan yang bernilai gizi, dan dapat memasak makanan di
perkemahan untuk sedikitnya 5 orang.
1.Korbohidrat/Zat
arang
Sumber : Beras, kentang, gula, jagung, singkong, pisang, terugu
Guna : Sebagai zat pembakar yang menghasilkan energi/tenaga
Akibat Kekurangan : Tubuh terasa lemas
2.Zat lemak
Sumber : Lemak sapi, mentega, minyak ikan, minyak kelapa
Guna : Memberi panas, melindungi bagian yang halus (lunak) melindungi ujung tulang
Akibat Kekurangan : Suhu tubuh tidak teratur
3.Zat protein
Sumber : Daging ikan, udang, telur, susu, kacang, tahu, tempe.
Guna : Membantu pertumbuhan anak
Akibat Kekurangan : Pertumbuhan terhandat
Sumber : Beras, kentang, gula, jagung, singkong, pisang, terugu
Guna : Sebagai zat pembakar yang menghasilkan energi/tenaga
Akibat Kekurangan : Tubuh terasa lemas
2.Zat lemak
Sumber : Lemak sapi, mentega, minyak ikan, minyak kelapa
Guna : Memberi panas, melindungi bagian yang halus (lunak) melindungi ujung tulang
Akibat Kekurangan : Suhu tubuh tidak teratur
3.Zat protein
Sumber : Daging ikan, udang, telur, susu, kacang, tahu, tempe.
Guna : Membantu pertumbuhan anak
Akibat Kekurangan : Pertumbuhan terhandat
1
liter nasi dapat untuk makan ± 5 orang
19.
Tahu
tentang penyakit-penyakit rakyat yang terpenting, dan tentang cara-cara
pencegahannya.
A. Malaria
Penyebab parasit plasmodium yang penularannya melalui nyamuk ”Anopeles”
Gejala :
Penyebab parasit plasmodium yang penularannya melalui nyamuk ”Anopeles”
Gejala :
1. Menggigil
2. Puncak demam
3. Keringat banyak
4. Suhu badan turun
Pencegahan
1. Memberantas nyamuk dan jentiknya
2. Minum obat anti malaria
2. Puncak demam
3. Keringat banyak
4. Suhu badan turun
Pencegahan
1. Memberantas nyamuk dan jentiknya
2. Minum obat anti malaria
B. TBC
Penyebab basil
(microbacterium) yang menyerang paru-paru, penularannya melalui pernafasan dan
kontak dengan penderita
Pencegahan :
Pencegahan :
1. vaksinasi pada anak/bayi dengan BCG
2. Menghindari kontak dengan penderita
C. Muntaber
Gejala : Berak sering atau
berak lebih dari 2 kali dalam sehari
Tindakan : Beri munuman oralit
Pencegahan :
Tindakan : Beri munuman oralit
Pencegahan :
1. Makan dan minum yang berair
2. Perhatikan kebersihan lingkungan dan pekarangan
3. Sesudah menolong penderita, cuci tangan dengan bersih
D. Demam Berdarah
Penyebab : Virus yang ditulakan oleh nyamauk ”Aides Aigepty”
Gejala : Demam mendadak, tidak dapat tidur, timbul bintik-bintik
Pencegahan :
1. Memperbaiki higiene dan sanitasi dengan mendiadakan genangan air
2. Pembasmian parasit diberantas dengan obat Abate
3. Menggunakan penyemprotan melation
E. Hepatitis
Gejala : Demam, lemah, mual, ntampak kuning, suhu badan tinggi
Penularan : Makanan yang tercemar dan melalui alat suntikan
20. Melakukan salah satu cabang
olahraga atletik atau salah satu cabang olahraga renang.
|
|
|||
|
|
|
20. Tahu adat sopan santun pergaulan Indonesia.
A.
Kita sebagai warga Negara Indonesia
tidak mengikuti budaya orang barat melainkan kita harus mengikuti budaya
tenggara,
B.
Contoh seperti budaya Makassar
yaitu siri na pace.
Yang artinya kita harus
menghormati satu sama lain, maluki apa bila kita melanggar peraturan peraturan
yang ada di sekitar kita atau adat yang berlaku
di lingkungan kita .
21.
Memiliki buku tabanas
Tabanas : Inilah buku
tabungan saat kedjajaan orde baru, bernama Tabanas. Tabanas jang merupakan
singkatan Tabungan Pembangunan Nasional merupakan konsep tjerdas pemerintah
saat itu untuk mendorong masjarakat aktif menabung guna turut serta dalam
pembangunan.
Buku Tabanas ini adalah miliki pribadi dan dapat di gunakan untuk
menabung saat di SMP.
22.
Setia
membayar uang iuran kepada guugs depan sedapat dapatnya dengan uang yang di
peroleh dari usaha sendiri
Bahwa kita yang berada di sekolah kita,
kita telah di ajarkan untuk menabung sejak dini dengan cara membayar uang iuran
kepada bendahara gugus depan yang berada di sekolah dengan uang kita sendiri.
23.
Menguasai
suatu keterampilan di bidang pertanian . bidang industry, atau bidang lainnya
yang di pilih sendira tetapi yang dapat di harap kelak akan berguna bagi
kehidupan
Menara kaki tiga di gunakan untuk
memberikan dan menerima sebuah informasi
dari tempat yang jauh dan tinggi.Dan juga dapat berguna bagi kehidupan yang
akan datang,
Contohnya : saat kita tersesat di hutan,
kita dapat membuat atau membangun menara kaki tiga untuk meminta bantuan atau
mengirim sebuah informasi dari tempat yang tinggi dan jauh.
24.
Dapat
membaca jam dan mengunakan kompas
a. Waktu yang di gunakan di
Makassar atau di Sulawesi selatan adah wita( waktu Indonesia tenggarah)
b. Kompas
adalah alat navigasi
untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas
menyelaraskan dirinya dengan medan magnet
bumi
secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat
membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin
yang ditunjuknya adalah utara, selatan,
timur,
dan barat.
Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka
kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah.
Dial : permukaan di mana
tertera angka / huruf seperti pada jam
Visir : pembidik sasaran
Kaca pembesar : untuk
melihat sasaran dan angka pada dial
Jam petunjuk, : menunjukan lokasi magnet bumi
Tutup dial : dengan dua
garis bersudut 45˚ dapat di putar –
putuar
Alat pengantung : untuk atau
dapat juga di gunakan untuk menyangut ibu jari tangan sewaktu melakukan
pembidikan
c.
Cara
pengunaan kompas
1.
Letakkan
kompas di permukaan yang datar, setelah jarum kompas berhenti maka jarum kompas
telah menunjukan arah utara magnet,
2.
Bidikalah
sasaran melalui visir (pembidik)
3.
Apa bilah
kurang jelas atau masi ragu – ragu luruskan saja garis yang terdapat pda tutup
dial kea rah visir , searah dengan sasaran
25.
Sudah berkemah sekurang – kurangnya empat hari
berturut – turut.
Telah
mengikutu kegiatan peramuka yang berkemah salama empat hari atau lebih secara berturut - turut
26.
Perna ikut serta kerja bakti, gotong royong yang di
tugaskan oleh pembina
Telah mengikuti kerja bakti atau
gotong royong secara bersama – sama yang di mana waktu dan tempat telah di
tentukan atau di tugaskan oleh pembina gugus depan yang berada di sekolah.
27.
a. untuk
penegak yang beragama islam :
1. dapat
mengucapankan kalimat syahadaddan tahu artinya;
Saya bersaksi tiada tuhan selain allah
makna dari arti kalimat syahadat
Kalimat pertama menunjukkan pengakuan tauhid. Artinya, seorang muslim hanya mempercayai Allâh
sebagai satu-satunya AllahKKalimat kedua menunjukkan pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allâh.
2. mengeri
rukum iman dan rukun islam
a)
Rukun
Iman
Patuh dan taat kepada ajaran dan
hukum-hukum
Allah.
Mengetahui
dan percaya akan keberadaan
kekuasaan dan kebesaran Allah di alam semesta.
3.
Iman
kepada kitab-kitab Allah.
Melaksanakan ajaran kitab-kitab
Allah hanif. Salah
Al-Qur'an memuat tiga kitab Allah sebelumnya,
yaitu
4.
Iman
kepada rasul-rasul Allah.
menyebarkan dan menjalankan kebenaran yang
disertai kesabaran.
Faham
bahwa setiap perbuatan akan ada
pembalasan.
Paham pada keputusan serta
kepastian yang
ditentukan Allah pada
alam semesta.
b)
Rukun
Islam
c) melakukan
sholat berjama’ah
bahwa kita senantiasa melakukan sholat berjama’ah dari
pada sholat sendiri – sendiri karana lebih baik sholat berjama.ah dari pada
sholat sendiri - sendiri
d) tahu
riwayat nabi muhammmad saw.
1)
Muhammad pada umumnya sepakat bahwa ia lahir di Tahun Gajah, yaitu tahun 570 M. Muhammad lahir di kota Mekkah, di bagian Selatan
Jazirah Arab, suatu tempat yang ketika itu merupakan daerah paling terbelakang
di dunia, jauh dari pusat perdagangan, seni, maupun ilmu pengetahuan. Ayahnya, Abdullah[10], meninggal dalam perjalanan dagang
di Yatsrib, ketika Muhammad masih
dalam kandungan. Ia meninggalkan harta lima ekor unta, sekawanan biri-biri dan
seorang budak perempuan bernama Ummu Aiman yang kemudian mengasuh NabiPada saat
Muhammad berusia enam tahun, ibunya Aminah binti Wahab mengajaknya ke Yatsrib (Madinah) untuk mengunjungi keluarganya serta
mengunjungi makam ayahnya. Namun dalam perjalanan pulang, ibunya jatuh sakit.
Setelah beberapa hari, Aminah meninggal dunia di Abwa'
yang terletak tidak jauh dari Yatsrib, dan dikuburkan di sana Setelah
ibunya meninggal, Muhammad dijaga oleh kakeknya, 'Abd al-Muththalib. Setelah kakeknya
meninggal, ia dijaga oleh pamannya, Abu Thalib. Ketika inilah ia diminta
menggembala kambing-kambingnya disekitar Mekkah dan kerap menemani pamannya dalam urusan dagangnya ke negeri
Syam (Suriah, Libanon dan Palestina).
2)
Muhammad jatuh cinta kepada Khadijah kemudian mereka menikah.
Pada saat itu Muhammad berusia 25 tahun sedangkan Khadijah mendekati umur 40
tahun, tetapi ia masih memiliki kecantikan yang menawan. Perbedaan umur yang
sangat jauh dan status janda yang dimiliki oleh Khadijah, tidak menjadi
halangan bagi mereka, karena pada saat itu suku Quraisy memiliki adat dan budaya yang lebih menekankan perkawinan dengan gadis ketimbang
janda. Walaupun harta kekayaan mereka semakin bertambah, Muhammad tetap sebagai
orang yang memiliki gaya hidup sederhana, ia lebih memilih untuk
mendistribusikan keuangannya kepada hal-hal yang lebih penting
LAMPIRAN
NO. 7
NO. 8 & 11
NO. 22.
NO.24.
PENUTUP
Teknik keperamukaan hari
demi hari di kembankan dan di ubah – ubah yang tidak sesuai skep teknik
keperamukaan (tekpram) yang berlaku di Indonesia. Maka dari itulah teknik
keperamukaan yang ada di Indonesia sering kita jumpai atau temukan berubah –
ubah itu semua karena kuranya belajar
dan mencari tahu yang mana benar.
Maka dari itulah agar kita
tidak terjerumus dari kebutaan ilmu maka mari kita rajin membaca dan mencari
yang belum kita ketahui kepada orang yang lebih tahu dari pada kita.
DAFTAR
PUSTAKA
file:///Ambalan Pramuka
Penegak Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Bagan Tanda
Pengenal Gerakan Pramuka/pramukanet.org.htm
file:///Bendera
Indonesia Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Indonesia Raya
Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Kompas
Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///KRAN.BOCOR.com
BAHAN-BAHAN MAKANAN YANG BERNILAI GIZI.htm
file:///KRAN.BOCOR.com
PENYAKIT-PENYAKIT RAKYAT YANG PENTING DAN CARA
PENCEGAHANNYA.htm
file:///Lambang Pramuka
Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Muhammad
Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Norma sopan
santun Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Pancasila
Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Pertemuan
Pramuka Wikipedia ensiklopedia.htm
file:///Sumpah Pemuda
Wikipedia ensiklopedia.htm
Sunardi,andira
bob.boyman ragam latihan pramuka.2007.pramuka
scout
CATATAN
CATATAN
Tiada ulasan:
Catat Ulasan