Selasa, 19 Mac 2013

PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI AUSTRALIA


Pokok permasalahan :

1.      Bagaimana perkebangan islam di australia?
2.      Bagaimana sejarah penyebaran islam oleh muslim indonesia?
3.      Bagaimana sejarah penyebaran islam oleh muslim afganistan?

Pendahuluan  :
            Islam di AustraliaAustralia adalah suatu benua yang terletak di Samudera Pasifik. Australia merupakan Negara anggotapesemakmuran Inggris yang berpenduduk 16.090.000 jiwa, dan 0,5% dari pendudukp tersebutmenganut agama islam. The Commonwealth of Australia merupakan federasi dari enam Negara bagian,yaitu New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Selatan, Australia Barat, dan Tasmania.
Kepala negaranya adalah ratu inggris yang diwakili oleh gubernur jenderal, dan kepala pemerintahannya adalahperdana menteri, penduduk aslinya adalah suku Aborigin.Setidaknya ada dua pendapat tentang masukannya islam ke Australia, yaitu yang disebarkan olehmuslim Indonesia dan muslim Afganistan.


Penyebran islam di australia
 Islam di AustraliaAustralia adalah suatu benua yang terletak di Samudera Pasifik. Australia merupakan Negara anggotapesemakmuran Inggris yang berpenduduk 16.090.000 jiwa, dan 0,5% dari pendudukp tersebutmenganut agama islam. The Commonwealth of Australia merupakan federasi dari enam Negara bagian,yaitu New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Selatan, Australia Barat, dan Tasmania.
Kepala negaranya adalah ratu inggris yang diwakili oleh gubernur jenderal, dan kepala pemerintahannya adalahperdana menteri, penduduk aslinya adalah suku Aborigin.Setidaknya ada dua pendapat tentang masukannya islam ke Australia, yaitu yang disebarkan olehmuslim Indonesia dan muslim Afganistan.
Penyebaran Islam oleh Muslim Indonesia
            Sejak abad XVI, nelayan muslim dari makassar secara rutin menangkap teripang di pesisir urataAustralia. Sebagian dari mereka menetap dan berketurunan di daerah Queensland.Petani tebu pun pernah didatangkan dari penduduk banten, Jawa Barat, pada tahun 1880-an M, setelahmeletusnya Gunung Krakatau. Sebenarnya, niat mereka pada mulanya adalah mencari emas. Ternyatainformasi tentang emas hanya suatu penipuan dalam rangka menjaring tenaga kerja.
Pada akhirnya,orang-orang yang berasal dari makassar dan banten tersebut sama-sama menetap, mempunyaiketurunan dan mengamalkan serta menyebarkan ajaran dan agama islam di sana.
Penyebaran Islam oleh Muslim Afganistan
Pada pertengahan abad XIX, pemerintah Australia mencanangkan pembangunan Lintas Australia dariselatan ke utara, antara Adelaide dan Darwin. Untuk itu, dibentuklah tim ekspedisi yang mendatangkan24 ekor unta Peshawar yang diawasi oleh Dost Muhammad, seorang pengembala dari afganistan yangmenetap di Khasmir. Dost Muhammad ini sampai di Victoria pada tahun 1860.
Pada tahun 1872 datang lagi 12 orang peternak muslim dari Afganistan, India, Balukhistan serta dariPakistan membawa 120 ekor unta. Lama kelamaan pengembala muslim ini beralih profesi menjadipetani, peternak, bahkan pedagang. Mereka tetap mengamalkan dan menyebarkan ajaran agama Islamdi Australia. Penduduk asli pun mengenal islam lewat amaliah dan perikehidupan umat islamini.
 Diantara mereka ada yang menikah dengan penduduk asli yang terlebih dahuludiislamkan calon pasanganhidupnya. Jumlah umat islam pun bertambah dari para mualafdan dari keturunan mereka. Namun, padagenerasi selanjutnya identitas islam semakin menipis karena memang para pengembalaini tidak adayang ahli agama islam. Selain itu, mereka sibuk menghadapi kehidupan sehingga semangat sedikitkesempatan mengakarkan agama kepada keturunannya.
            Sekitar tahun 1906 pemerintah Australia memberi peluang masuknya penduduk asing ke Australia.Kesempatan ini di manfaatkan warga Negara lain untuk hijrah ke dunia ini, tidak sedikit di antaranyaberasal dari Negara muslim. Bahkan, pada abad ke-20 ini perkembangan masjid Australia cukupmengembirakan, karena banyaknya masjid yang dibuat oleh arsitek yang berasal dari penduduk pribumiAustralia, diantaranya:
a. Pada tahun 1907 di Brisbane didirikan masjid yang indah dan besar oleh arsitek Syarif Abosi danIsmeth Abidin.
b. Pada tahun 1967 di Queensland didirikan masjid lengkap dengan Islamic Center di bawah pimpinanFethi Seit Mecea.
c. Pada tahun 1970 di Mareebe diresmikan sebuah masjid yang mampu menumpang jamaah sekitar300-an dengan imamnya H. Abdul Lathief.
d. Di kota Sarrey Hill dibangun masjid raya Faisal dengan bantuan pemerintah Arab Saudi.
e. Di Sidney dibangun masjid dengan biaya 900.000 dollar Amerika.
Pada saat sekarang ini diperkirakan umat islam di Australia mencapai 350.000 orang dari 18 jutapenduduk.Adapun pendidikan islam di Australia yang diselenggarakan agar dapat melestarikan pertumbuhan islamdisana, maka diBrisbane didirikan Queensland Islamic Society yang bertujuan menyadarkan anak-anakmuslim untuk melakukan salat dan hubungan baik sesama manusia. Pelajarannya terdiri atas anak  – Anak berasal dari Indonesia, India, Pakistan, Turki, Libanon, Alobania, dan Australia sendiri.
Mereka selama 5 sampai 15 tahun menerima pelajaran Alquran dan tata kehidupan secara islam.Perkembangan Islam di Australia tidak banyak mengalami hambatan. Dalam usaha meningkatkankemajuan islam, hamper di setiap kota di Australia didirikan organisasi Islam, diantaranya:
1. Australia Federayion of Islamic Councils(Federasi Dewan-dewan Australia)yang berfusat di Sidney.Federasi ini merupakan nbadan koordinasi seluruh organisasi umat islam, organisasi social, dakwah,mahasiswa, dan pengusaha yang ada di setiap Negara bagian Australia.
2. Federation of Islamic Societies (Federasi Masyarakat Islam), Organisasi itu bersifat nasional meliputi 35 organisasi masyarakat islam local ditambah dengan 9 dewan Islam Negara-negara bagian. Yaitu masai(pengembala), Kikuyu(petani),dan sullu (peternak dan petano).Sementara Rasullulah hidup, islam telah dikenal di daratan afrika. Nabi Muhammad saw. Teleh memberipemerintah kepada para sahabat untuk membawa surat yang isinya merupakan seruan untuk masukislam.Diantara utusan allah itu adalah:
a. Amir bin ummayah ad Dhamy yang diutus kepada rajasi, yaitu raja hasbyah (Etiopia).
b. Hathib yaitu raja abi batla’ah yang diutus kepada Muqaqis raja Mesir.
            Setelah Rasulullah saw. Wafat, uisaha mengislamkan masyarakat Afrika tidak berhenti , Para KhulafaurRasyidun tetap meneruskan cita-cita Rasulullah saw…
            Islam masuk ke mesir pada masa Umar bin kphattab mengirim tentara yang di pimpin oleh Amru bin Ashdengan menaklukan kota Al Arisy, Alfarma, billis, dan Ummu Dunnen. Lalu ditaklukan juga daerah AinuSyams, setelah itu, tentara islam menuju kota Iskandariah.Kota ini dipertahankan sekuat tenaga oleh Bangsa Romawi karena kota ini dianggap sangat penting dan jika kota iskandariah jatuh ke tangan umat islam, maka romawi akan kehilangan mesir sebagiankekuasannya.
Lalu kota iskandariah jatuh ke tangan umat islam setelah dikepung selama 14 bulan.Negeri tersebut dapat dikuasai oleh Amru bin Ash pada tahun ke-20 Hijriah. Setelah itu, Islam mulaiberkembang luas meliputi sebelah barat sungai Euphart dan timur sungai Juhun, Selatan Laut Hindia dansebelah utara Negara Armenia.Islam masuk ke sudan pada masa perluasan yang dilakukan oleh abdllah bin Said abi Sarah. Penyebaranislam di sudan, mdilakukan dengan cara mengajarkan ilmu tasawuf dan ajaran filsafat.
Oleh karena itu,banyak ahli tarekat dan tasawuf yang mansyur dan berpengaruh ndi kalangan muslim di sudan pada saatitu, antara lain Abdul Kadir Jaelani (1179-1186 M) dan Abdul Hasan Asyadzili(1196-1258)Islam masuk ke Uganda melalui Zanzibar oleh para dai pada masa pemerintah raja suna pada tahun1833-1860 M dan pada masa pemerintahan Raja Munawaja pada tahun 1884-1897 M.Kemudian agama islam dijadikan agama resmi Negara.
Pada masa raja Bajaudah yang terpikat lehNegara agamaNasrani terjadilah persaingan hebat antara penyiaran islam dan masrani. PersainganPenyiaran agama di Uganda ini adalah untuk memperebutkan golongan animisme agar dapat masukkepada agama masing-masing.Islam masuk ke Somalia satelah nasrani lebih dahulu masuk. Pada waktu islam masuk ke negeri tersebut,terjadilah perang agama. Akhirnya agama islam dapat berkembang pesat di Somalia. Di Zimbabwedibawa oleh orang-orang arab melalui Zanzibar, yaitu dengan mengislamkan suku-suku Aisiyu danAsyibita da suku-suku lainnya.
Islam masuk ke Kenya dibawa oleh orang-orang Oman melaluiMukodisyir, di Afrika Selatan islam masuk dibawa oleh orang-orang keturunan Melayu, keturunan Arab,Srilanka, Indonesia, Yaitu disebarkan oleh para dai buanganpolitik pada masa penjajahan belanda.Islam masuk ke Senegal pada abad ke-11, sebelumnya telah berkembang kerajaan Tukular kuno diTekrur, di lembah sungai Senegal pada abad ke-9 sebagai tempat berhentinya rute dagang lintas saharapara Khalifah suku moor. Sejak memeluk islam, penduduk suku Tukular kemudian menjadi mubalig dikawasan Afrika Barat.
Islam di rusia
1. Sudan
Perkembangan Islam di Suda sangat megembirakan. Salah satu tokoh yang berjasa masuknya Islam di Sudan adalah Abdullah bin Said bin Ali Sarah. Penyebaran Islam di negeri ini dilakukan dengan mengajarkan ilmu Tasyawuf dan Filsafat. Tokoh yang paling berpengaruh pada waktu itu adalah Syeh Abdul Qodir Al Jilani dan Abdul Hasan Asy Syazali.
2. Etiopia
Islam masuk di Eteopia ketika Rosulullah masih hidup. Pada saat itu ada 15 orang muslim yang hijrah ke Eteopia. Negeri ini pada masa Rosul dikenal dengan nama Habsyinia atau Habsyah. Sejak abad XIV M , orang muslim Hasbania mengadakan hubungan dengan Mesir (Al Azhar), sehigga memunculkan ulama-ulama terkenal pada masa itu.
Pada tahun 1934 M, Al Azhar mengirimkan beberapa utusan yang bertugas untuk mengajar agama Islam. Beberapa masjid didirikan sebagai pusat ibadah umat Islam, dan madarasah sebagai pusat pendidikan Agama Islam.
3. Uganda
Perkembangan Islam di Uganda cukup pesat. Masuknya Islam di negeri in diperkirakan sekitar tahun 1844 melalui perdagang yaitu Ahmad Ibrohim, Idi Amin. Idi Amin dianggap sebagai pendiri Uganda Muslim Supreme Cauncil (UMSC) pada tahun 1974. Ia juga berhasil mengundang Raja Faisal pada peletakan batu pertama pembangunan Masjid nasional di Old Kampala. Beliau juga membwa Uganda menjadi Organisasi konferensi Islam (OKI). Saat ini sekitar 15 % penduduk Uganda memeluk agama Islam.
4. Somalia
Sebelum Islam masuk di Somalia, agama kristen masuk lebih dahulu. Ketika Islam di negeri ini terjadilah perang agama. Pada akhirnya Islam dapat berkembang di negeri ini. Islam masuk di Somalia pada tahun 860 M. masyarakat muslim Somalia mengikuti mazhab sunni, syi’ah ada yang menganut ajaran tasyawuf. Kini Islam terus berkembang di negeri ini.
5. Liberia.
Jumlah umat muslim Liberia saat ini mencapai kurang lebih 25 % dari 3 juta penduduk. Keadaan masyarakat muslim di negeri ini sangat memprihatinkan, karena rendahnya tingkat pendidikan dan meluasnya tingkat kemiskinan.
Undang-undang di negeri ini menjamin kebebasan beragama, pemerintah menghormati setiap pendidik beribadah menurut agamanya masing-masing, meskipun demikian uamt Islam tetap menghadapi diskriminasi dalam beragama.
The Arabic Organization for Studies, merupakan salah satu organisasi Islam yang bertujuan meningkatkan dakwah Islam dan mengajarkan Islam dan Al Qur’an kepada para mualaf.
6. Mozambik
Nama Mozambil berasal Mu bin Baig, yaitu nama seorang tokoh Islam yang pernah berpengaruh dikawasan itu. Di Negeri in Islam dapat berkembang dengan baik. Umat Islam di negeri ini berhasil membangun lembaga Islam, antara lain ; Comunidodo Musulman Assocao (Persatuan Masyarakat Islam) , Islamic Center. Masyarakat muslim Mozambik bermazhab sunni.
7. Senegal
Islam masuk negeri ini pada abad XI M. dibawah oleh bangsa magribi. Kebanyakan umat Islam dinegeri ini bermazhab Syafi’I dan Maliki. Ribuan masjid telah didirikan dan masjid yang paling besar adalah masjid Tsiys dan Taubah, Pendidikan Islam telah dibangun dari tingkat Ibtidaiyah sampai dengan peerguruan tinggi.
8. Gambia
Islam masuk ke Gambia pada abda ke X M, dibawa para pedagang dari Arab (Maroko) dan Barbar dari Mauritania. Islam Gambia bermazhab sunni dan mayoritas beraliran sufi. Para pemuka sufi ini yang membawa Islam dapat berkembang dengan pesat.
9. Namibia
Sampai dengan akhir tahun 1980-an Islam belum banyak dikenal di negeri ini. Pada waktu itu penganur Islam mayoritas berasal dari Afrika. Pada tahun 1980 di negeri ini belum ada satupun bangunan masjid. Windhoek Islamic Center, yang di anggap bangunan mesjid, sebenarnya hanya bangunan kecil yang menempel pada bangunan gereja yang megah yang dibangun oleh pemerintah.
Saat ini telah terdapat tujuh masjid dan satu lagi baru di bangun di Katutura. Tokoh muslim yang paling berjasa dalam pegemmbangan Islam di Namibia adalah Jacobs Salmaan Dhancees. Dia adalah pejabat Komisi Pemilihan Umum Nmaibia. Perjalanannya ke Konferensi Islam membawa hidayah baginya masuk agama Islam. Untuk mekanjutka dakwah dan syiar Islam, kini banyak pemuda muslim yang dikirim ke Arab Saudi untuk belajar agama Islam.


Kesimpulan :
Pada pertengahan abad XIX, pemerintah Australia mencanangkan pembangunan Lintas Australia dariselatan ke utara, antara Adelaide dan Darwin. Untuk itu, dibentuklah tim ekspedisi yang mendatangkan24 ekor unta Peshawar yang diawasi oleh Dost Muhammad, seorang pengembala dari afganistan yangmenetap di Khasmir. Dost Muhammad ini sampai di Victoria pada tahun 1860.
Pada tahun 1872 datang lagi 12 orang peternak muslim dari Afganistan, India, Balukhistan serta dariPakistan membawa 120 ekor unta. Lama kelamaan pengembala muslim ini beralih profesi menjadipetani, peternak, bahkan pedagang. Mereka tetap mengamalkan dan menyebarkan ajaran agama Islamdi Australia. Penduduk asli pun mengenal islam lewat amaliah dan perikehidupan umat islamini.
 Diantara mereka ada yang menikah dengan penduduk asli yang terlebih dahuludiislamkan calon pasanganhidupnya. Jumlah umat islam pun bertambah dari para mualafdan dari keturunan mereka. Namun, padagenerasi selanjutnya identitas islam semakin menipis karena memang para pengembalaini tidak adayang ahli agama islam. Selain itu, mereka sibuk menghadapi kehidupan sehingga semangat sedikitkesempatan mengakarkan agama kepada keturunannya.



Daftar pustaka
http://jokosiswanto77.blogspot.com/2010/06/perkembangan-islam-di-dunia.html



Tiada ulasan:

Catat Ulasan