Khamis, 7 Mac 2013

penyebaran agama islam di dunia


MAKALAH AGAMA ISLAM
PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI DUNIA
“AJARAN AGAMA ISLAM DI RUSIA”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
MUH FACHRI ADAM
XII IPA 5
101610
SMA NEGERI 7 MAKASSAR
2012 - 2013
BAB I
Pendahulauan
Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21 – 28 juta penduduk atau 15 – 20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Kehidupan Muslim di Rusia saat ini juga kian membaik dibanding masa Komunis dulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia (Vladimir Putin) memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia.
Islam masuk di Rusia pada masa Bai Umayyah. Di kota Bukhora pernah lahir seorang ulama besar ahli hadis yaitu Imam Bukhori yang menulis kitab hadis Shoheh Bukhori. Islam di Rusia mengalami kejayaan ketika Dinasti Samanid berkuasa. Akan tetapi ketika Jengis Khan menggempur Asia Tengah banyak penduduk muslim yang dibunuh, masjid dan sekolah-sekolah dibakar.
Di Rusia saat ini telah memiliki Direktorat Utusan Islam di Departemen Luar Negeri Urusan Asia. Dengan adanya lembaga ini hak-hak dan kewajiban-kewajiban umat muslim dilindungi negara. Di negeri ini terdapat hampir 400 masjid dan 190 madrasah sebagai pusat syiar dan pendalaman Islam. Studi Isalam dan bahasa arab kini menjadi bagian kurikulum Islam di Rusia.





Daftar isi
BAB 1
Pendahuluan  .............................................................................................................
            Daftar isi ....................................................................................................................
            Permasalahan ..............................................................................................................
BAB II
            Sejarah masuknya islam di rusia ...............................................................................
            Penganut ajaran agama islam .....................................................................................
            Mesjid di rusia ...........................................................................................................
            Organisasi keagamaan muslim di rusia .....................................................................
Bukti – bukti masuknya islam di rusia ......................................................................
BAB III
            Kesimpulan ................................................................................................................
            Daftar pustaka ............................................................................................................
           


           
Pokok  permasalahan :
1.      Bagaimana Sejarah masuknya islam di rusia?
2.      Bagaimana Penganut ajaran agama islam di rusia?
3.      Bagaiman Mesjid - mesjid di rusia ?
4.      Bagaimana Organisasi keagamaan muslim di rusia?
5.      Apa yang membuktikan masuknyaajaran islam di rusia?

6.       
BAB II
Sejarah Masuknya Islam Di Rusia
Muslim pertama di wilayah Rusia terkini adalah masyarakat Dagestani di (kawasan Derbent) selepas pentaklukan Arab (abad ke-8). Negeri Muslim yang pertama adalah Volga Bulgaria pada tahun 922. Kaum Tatar mewarisi agama Islam dari negeri itu. Kemudian kebanyakan orang Turki Eropa dan Kaukasia juga menjadi pengikut Islam. Islam di Rusia telah mempunyai kewujudan yang lama, melebarkan ke seawal penaklukan kawasan Volga Tengah pada abad ke-16, yang membawa orang Tatar dan berkenaan Orang Turki di Volga Tengah ke dalam negeri Rusia. Pada abad ke-18 dan ke-19, taklukan Rusia di Caucasus Utara membawa orang-orang Muslim dari kawasan ini– Dagestan, Chechen, Circassia, Ingush, dan lain-lain ke dalam negara Rusia.
Kievan Rus juga telah dapat kesempatan untuk memeluk Islam dari misionaris Volga Bulgaria, tetapi orang Slavia Timur menerima agama Kristen.
Mayoritas Muslim di Rusia mengikuti ajaran Islam Sunni. Dalam beberapa kawasan, terutama di Dagestan dan Chechnya, ada tradisi Sufisme, yang diwakili oleh tarekat Naqsyabandi dan Shazili dipimpin oleh Shaykh Said Afandi al-Chirkawi ad-Daghestani. Amalan sufi memberikan orang Kaukasus semangat kuat untuk menolak tekanan orang asing, dan telah menjadi legenda di antara pasukan Rusia yang melawan orang Kaukasus pada zaman Tsar. Orang Azeri juga pada sejarah dan masih lagi pengikut Islam Syiah, disaat republik mereka terpisah dari Uni Soviet, banyak orang Azeri yang datang ke Rusia untuk mencari pekerjaan.
Qur’an pertama yang dicetak diterbitkan di Kazan, Rusia pada 1801. Satu lagi fenomena yang terjadi adalah gerakan Wäisi.
Pada era 1990-an, jumlah percetakan risalah Islam telah meningkat. Antaranya ialah beberapa buah majalah dalam bahasa Rusia, “Ислам” (transliteration: Islam), “Эхо Кавказа” (Ekho Kavkaza) dan “Исламский вестник” (Islamsky Vestnik), dan beberapa suratkhabar berbahasa Rusia seperti “Ассалам” (Assalam), dan “Нуруль Ислам” (Nurul Islam), yang diterbit di Makhachkala, Dagestan.

Penganut ajaran agama islam
Menurut United States Department of State, terdapat sekitar 21-28 juta jumlah penduduk Muslim di Rusia, sekurang-kurangnya 15-20 persen jumlah penduduk negara ini dan membentukkan agama minoritas yang terbesar. Masyarakat besar Islam dikonsentrasikan di antara warga negara minoritas yang tinggal di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia: Avar, Adyghe, Balkar, Nogai, Orang Chechnya, Circassian, Ingush, Kabardin, Karachay, dan banyak bilangan warga negara Dagestan. Di Volga Basin tengah ada penduduk besar Tatar dan Bashkir, kebanyakan mereka Muslim. Banyak Muslim juga tinggal di Perm Krai dan Ulyanovsk, Samara, Nizhny Novgorod, Moscow, Tyumen, dan Leningrad Oblast (kebanyakannya kaum Tatar)
Mesjid di rusia
Secara resmi jumlah masjid di Rusia mencapai 4750 masjid, namun jumlah sebenarnya jauh lebih besar dan terus bertambah. Di Dagestan saja terdapat antara 1600 – 3000 masjid. Dalam sepuluh tahun terakhir jumlah masjid di Tatarstan telah melebihi 1000. Di ibukota Rusia dengan jumlah pemeluk Islam yang melebihi 1 juta orang terdapat 20 komunitas Muslim dan 5 masjid. Menurut pakar data Rusia, sedikitnya terdapat 7000 masjid di Rusia.
Organisasi keagamaan muslim di rusia
Menurut data register negara, kini telah tercatat 3345 organisasi keagamaan Muslim lokal. Jumlah terbesar organisasi-organisasi keagamaan Muslim terdaftar di daerah Volga (1945), diikuti Kaukasus Utara (980) dan Ural (316). Sedangkan jumlah organisasi keagamaan Muslim di daerah lainnya lebih kecil.
Mayoritas Muslim di Rusia adalah Sunni. Terdapat dua Mazhab di Rusia, yaitu Mazhab Syafii di Kaukasus Utara dan Mazhab Hanafi di wilayah negara lainnya.
Tiga organisasi Muslim menurut status dewan federal (pusat) adalah:
  1. Dewan Mufti Rusia (berbasis di Moskwa). Pemimpinnya Mufti Ravil Gainutdin. Dewan ini memimpin 1,686 komunitas.
  2. Administrasi Keagamaan Pusat dari Muslim Rusia (berbasis di Ufa). Dipimpin oleh Mufti Talgat Tadzhuddin dan mempersatukan 522 komunitas.
  3. Pusat Koordinasi Muslim di Kaukasus Utara yang dipimpin oleh Ismail Berdiyev, Mufti Karachai-Cherkassia dan wilayah Stavropol, dan terdiri dari 830 komunitas.
Dalam beberapa tahun terakhir hubungan antara Muslim di Rusia dan Indonesia telah meningkat karena pekerjaan yang baik dan usaha yang dilakukan oleh Dubes Indonesia Bapak Hamid Awaludin dan diplomat M. Aji Surya dan Enjay Diana.

Bukti – bukti masuknya islam di rusia
Perkembangan Islam di Rusia diawali oleh suku yang berada di Pegunungan Kaukasus, yaitu Dagestan. Bukti-bukti yang menguatkan masuknya Islam pertama kali di pegunungan ini yaitu dengan adanya makam para sahabat Rasullulah saw, seperti: Abdul Rahman bin Rabiah, Salman bin Rabiah, dan Surokah bin Amru. Hal ini menjadikan Dagestan sebagai pintu masuk Islam di Moskow. Ada pula Kazan dengan suku Tartar, sebagian besar penduduknya beragama Islam. Terlihat dari adanya masjid-masjid yang sangat besar dan indah serta adanya aktivitas keagamaan yang sehari-hari dilakukan penduduknya. Hal ini menjadikan Kazan sebagai pusat Islam terbesar di Rusia, selain Suku Dagestan di Pegunungan Kaukasus. Ada pula Checznya dengan “Madrasah Zelimkan” di mana anak-anak dan orang dewasa menimba ilmu agama dengan sangat baik.
Perkembangan Islam di Moskow dapat dibuktikan dengan adanya masjid yang berdiri dengan kokoh dan indah yang dibangun tahun 1904 (sebelum era komunis), kemudian dipugar tahun 2011.
Masjid Sabornaya merupakan masjid terbesar di Moskow. Masjid hijau ini terletak di Olimpiysky Avenue, dibangun oleh arsitektur bernama Nikolai Zurkhov. Di bawah pimpinan Ilyas Tazhiyev, masjid ini dipugar guna memperbaiki arah kiblatnya.
Selain Sabornaya, terdapat juga beberapa masjid yang berada di sekitar Moskow, di antaranya Masjid Park Pobedy, Masjid Yardam, dan Historical Mosque of Moscow. Masjid Park Pobedy merupakan masjid yang dibangun masyakarat muslim setelah era Uni Soviet. Tujuan dibangunnya masjid ini adalah untuk memperingati gugurnya para prajurit pada Perang Dunia (PD) II tahun 1941-1945. Hal ini menggambarkan bahwa betapa berkembangnya Islam dan unggulnya ekonomi masyarakat muslim di era persekutuan Rusia.         Walaupun mereka merupakan populasi minoritas, namun komunitas muslim saat ini dinilai berkembang dengan sangat baik. Perkembangannya dapat dilihat dengan adanya sarana telekomunikasi meliputi portal, TV, dan radio yang berbasis Islam serta pasar halal. Hal ini bertolak belakang dengan era kesatuan soviet (Uni Soviet) karena kebebasan menganut agama Islam saat itu sangat dilarang.  
Kehidupan muslim di Moskow sekarang tidak jauh berbeda dengan kehidupan muslim di Indonesia. Mereka leluasa melakukan shalat serta mengkaji Alquran dan hadis. Mereka mengisi waktu luang untuk belajar mengaji di beberapa masjid besar. Seusai shalat berjamaah, mereka membentuk beberapa kelompok yang dipimpin seorang ustaz. Kios-kios dan toko buku yang menjajakan buku Islam juga sudah banyak di Moskow. Selain belajar di beberapa masjid, mereka juga belajar dari berbagai sumber seperti buku agama Islam.
Perkembangan Islam di Rusia, khususnya di Moskow saat ini sangatlah baik. Paham komunis yang mengungkung mereka selama ini membuat jiwa dan semangat mereka lebih kuat untuk terus mendalami Islam secara utuh. Inilah mereka, masyarakat muslim Rusia.














BAB III
KESIMPULAN
Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21 – 28 juta penduduk atau 15 – 20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Kehidupan Muslim di Rusia saat ini juga kian membaik dibanding masa Komunis dulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia (Vladimir Putin) memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia.
Islam masuk di Rusia pada masa Bai Umayyah. Di kota Bukhora pernah lahir seorang ulama besar ahli hadis yaitu Imam Bukhori yang menulis kitab hadis Shoheh Bukhori. Islam di Rusia mengalami kejayaan ketika Dinasti Samanid berkuasa. Akan tetapi ketika Jengis Khan menggempur Asia Tengah banyak penduduk muslim yang dibunuh, masjid dan sekolah-sekolah dibakar.





Daftar pustaka

Tiada ulasan:

Catat Ulasan